Modul 2.2.a.9 – Aksi Nyata – Pembelajaran Sosial dan Emosional

TUGAS AKSI NYATA
MODUL 2.2 PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL

OLEH: HAIRI DEFI
SMP NEGERI 35 PADANG
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 8
KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT

Fasilitator               : Suhut Sudirman Simamora S.Pd
Pengajar Praktik     : Dra. Sri Indrawati Prihatin Ningsih, M.Si

Akhirnya Anda telah tiba di sesi pembelajaran terakhir dari Modul Pembelajaran  Kompetensi Sosial dan Emosional. Aksi Nyata dalam modul ini mensyaratkan Anda untuk membagikan pemahaman tentang implementasi pembelajaran sosial emosional yang  telah Anda lakukan selama ini.  Silahkan lihat kembali proses implementasi yang sudah Anda lakukan. 

Setelah Anda membagikan implementasi Anda kepada rekan sejawat atau komunitas Anda, refleksikan pengalaman tersebut dengan menggunakan  kerangka 4P (Peristiwa – Perasaan – Pembelajaran – Penerapan). Refleksi ini dapat diunggah ke situs portofolio digital Anda. 

Berikut adalah pertanyaan panduan yang dapat Bapak/Ibu gunakan:

  1. Apa yang  Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut?  (Peristiwa)
    Pada saat penerapan PSE (Pembelajaran Sosial Emosional), hal yang pertama sekali yang saya terapkan adalah konsep STOP pada siswa saya, karena kebetulan pada saat itu kondisi kelas saya waktu itu sangat tidak kondusif, dikarenakan waktu jam Pelajaran saya berada pada jam siang, yaitunya setelah istirahat sholat dzuhur.
    Pada saat itu saya melakukan praktek sederhana dentang STOP, dengan cara menjelaskan setiap fase pada Teknik ini kemudian mempraktekkannya. Ternyata hasil setelah dipraktekkannya Teknik ini, kondisi kelas menjadi lebih kondusif dan siswapun menjadi lebih nyaman untuk belajar.
  2. Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)
    Berkat adanya Teknik STOP yang bisa saya gunakan saya merasa lebih optimal dalam pengendalian kelas, apalagi disaat-saat jam rawan untuk belajar.
  3. Apa  hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)
    Hal yang bermanfaat dari proses penerapan KSE ini adalah saya bisa memahami apa yang sedang dialami dan dirasakan oleh siswa saya, dan bisa menjalin Kerjasama dan hubungan baik juga di dalam kelas.
  4. Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)
    Ada sisi positif dan negatifnya dari penerapan PSE ini, yaitunya; hal positif siswa menjadi lebih tenang, nyaman dan kita pun sebagai guru bisa lebih cepat peka dengan kondisi siswa. Sisi negatifnya, yaitu pada siswa yang belum paham dengan penerapan PSE, mereka tetap susah untuk focus dalam pembelajaran.
  5. Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)
    Dalam perbaikan saya akan mencoba untuk perbaiki dan tingkatan penerapan PSE di kelas saya dan saya akan menyebar luaskan ke teman sejawat tentang menggunaan PSE ini.